News &
Updates

News Image

Share

“ SMART PARENTING BAGI ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK DI ERA DIGITAL”
24 Maret 2023

Pacet, 24 Maret 2023. Tim Patoral SMP Santo Yusup Pacet mengadakan kegiatan yaitu Parenting yang dilakukan pada tanggal 8 dan 9 Maret di SMP Santo Yusup Pacet. Bentuk kegiatan ini menyelaraskan impian sekolah dengan orang tua dalam hal menumbuhkembangkan karakter positif anak. 

Parenting ini merupakan pendidikan yang paling utama berasal dari keluarga. Anak pertama kali mendapatkan pendidikannya di lingkungan keluarga yang diajarkan secara langsung oleh orang tua mereka sendiri. Pendidikan di keluarga mengajarkan tentang karakter dan penanaman sikap yang baik dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Menurut Jeanne Ellis Ormord (2008) dalam (Deni Hardianto, 2014) pengaruh utama dalam perkembangan anak adalah pola asuh orang tua. Oleh karena itu, dalam usia remaja peran orang tua sangat dibutuhkan dalam pendidikan. 

Dalam kegiatan ini Tim Patoral Sekolah mengambil tema “ SMART PARENTING BAGI ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK DI ERA DIGITAL”. Kegiatan ini sekolah menghadirkan dua narasumber yaitu Bpk Dr. Ignatius Agus Budiono S.Pd., M.Pd.  dan Drs, Johanes Bambang untuk memberikan kontibusi dalam acara parenting tersebut.

Pada materi petama diisi oleh Bpk. Ignatius Agus Budiono yang berisikan kebijakan di era digital, pesan yang disampaikan oleh Bpk Ignatius Agus Budiono yaitu :

  1. Kesuksesan seorang anak tidak lepas dari peran orang tua. Orang Tua dan anak wajib bekerjasama dalam kesuksesan masa depan, orang tua adalah wakil Tuhan dan dunia.
  2. Pekerjaan di era digital membutuhkan karakter baik dalam kehidupan, kepandaian menjadi point kedua  setelah kepribadian yang baik.
  3. Bijaksana di era digital. Dimana orang tua berpesan dalam penggunaan smartphone terhadap anak.

Kemudian pada materi kedua diisi oleh Bpk. Johanes Bambang yang berisikan menggapai kesuksesan, pesan yang disampaikan oleh Bpk Bambang yaitu:

  1. Harmoni hidup degan sesama. Contohnya seperti menghindari pembulian terhadap sesama teman disekolah maupun di lingkungan masyarakat, serta pengendalian diri dalam melakukan tindakan mana yang baik dan tidak baik.
  2. Hidup harus memiliki cara untuk menggapai cita-cita. Karena diawalinya dengan memiliki cita-cita, maka hidup akan terarah serta tujuan yang pasti.
  3. Kedisiplinan adalah jembatan menuju kesuksesan. Dengan adanya disiplin yang tertanam pada diri sendiri akan lebih tertata dengan baik
  4. Menghormati orang tua adalah kunci kesuksesan

Setiap orang tua pasti menginginkan setiap anak memiliki masa depan yang lebih baik dari orang tuanya, maka dari itu menghormati orang tua adalah bentuk kasih sayang seorang anak kepada orang tua.

Setelah sesi materi para siswa dan orang tua akan dipertemukan di dalam satu ruangan dimana para anak dan orang tua untuk membasuh kedua kaki orang tua masing-masing dengan saling meminta maaf , saling mendoakan satu sama lain serta memberikan kado ucapan yang telah dibuat serta disiapkan.

Dengan terlaksananya kegiatan Parenting ini, mampu membantu para guru di sekolah, peran orang tua dalam mengasuh dan mendidik anak lebih produktif, serius tanpa ragu. Selain itu, buah dari kecapaian tersebut akan mendorong proses kegiatan belajar dan mengajar yang lebih efektif dan produktif serta sikap dan perilaku peserta didik semakin membaik sehingga mampu melahirkan pelajar yang berpengetahuan, cerdas berkarakter, kreatif dan berperilaku baik.