News &
Updates

News Image

Share

Sharing Praktik Baik SMP Santo Yusup Pacet dengan SMPN 1 Mojoanyar
9 Maret 2023

Selasa, 7 Maret 2023. Segenap tenaga pendidik dan kependidikan SMPN 1 Mojoanyar yang termotivasi menjadi sekolah dengan brand karakter yang baik, melakukan kunjungan ke SMP Santo Yusup Pacet. Di sekolah yang bernuansa pegunungan dan pariwisata ini, mereka melakukan sharing praktik baik tentang mengelola sebuah iklim pendidikan yang dapat mewujudkan sebuah impian para insan pendidikan. 

Acara yang dikelola dengan sederhana namun didalamnya menghasilkan pemikiran-pemikiran yang kritis, kreatif dan inovatif. Pemikiran tersebut berfokus pada menciptakan suasana dan kondisi belajar yang dapat menjadikan lahan subur akan tumbuh kembangnya karakter dan perilaku peserta didik.

SMP Santo Yusup Pacet menjadi sebuah pilihan didalam sharing praktik baik karena sekolah ini menjadi sekolah yang berani mengembangkan hidup berbangsa dan bernegara yang menjunjung tinggi nilai keberagaman dan kebhinekaan. Keberagaman pendidik dan peserta didik dengan segala latar belakang agama dan kondisi sosial budaya menjadi subjek penghargaan terhadap nilai-nilai hidup yang berinti pada nilai SERVIAM, yang diturunkan menjadi nilai-nilai operasional seperti cinta dan berbelas kasih, integritas, ketangguhan, persatuan, totalitas, pelayanan. Tentunya tidak semua nilai menjadi prioritas dalam sharing praktik baik kali ini.

Apa yang baik di SMP Santo Yusup Pacet belum tentu baik baik di SMPN 1 Mojoanyar sebaliknya apa yang baik di SMPN 1 Mojoanyar juga belum tentu baik di SMP Santo Yusup Pacet. Maka dalam kesimpulan akhir acara tersebut kita akan mengembangkan kebaikan sekolah masing-masing dengan ciri dan karakteristiknya yang diilhami oleh nilai-nilai praktik baik yang terungkap dalam sharing tersebut. 

Harapannya kita menjadi sekolah yang mengedepankan dan memprioritaskan pada perkembangan karakter dan perilaku positif aktif peserta didik, yang kemudian kekuatan karakter tersebut dapat dijadikan modal hidup yang sesungguhnya di lingkungan masyarakat yang majemuk.