News &
Updates

News Image

Share

Paulus Budi : Dispilin, Tanggung Jawab, dan Mandiri jadi Kata Kunci
31 Oktober 2023

Pacet, Kampus Ursulin - Sanmaris, disadari atau tidak, banyak Ikatan Alumnus (Ilumnus) Santa Maria - Santo Yusup yang telah berprestasi dan sukses dalam karier. Ada yang menjalani profesi sebagai guru, dosen, pengusaha, dokter, penyiar radio, presenter TV, MC/Host, trainer, entrepreneur, pengacara, fotografer, kontraktor, dan lain-lain. 

Nah, dari ribuan bahkan jutaan Ilumnus tersebut, kali ini redaksi menyajikan liputan eksklusif seorang Ilumnus SMP Santo Yusup Pacet (Paulus Budi Sujanto, S.H.,M.H.) yang saat ini menjalani profesi sebagai seorang karyawan televisi di SCTV-Indosiar Area Head Surabaya dan merupakan salah satu Pengurus Ilumnus Santa Maria-Santo Yusup, Periode 2023-2026. Bagaimana sosok dan kiprahnya? Cek liputan istimewanya yang dituangkan dalam rubrik "Alumni Inspirasiku" pada halaman ini ya.... 

Foto : Sosok Paulus Budi Sujanto, S.H.,M.H.

Siapa nama lengkap Anda dan apa profesi Anda saat ini? Oknama lengkap saya Paulus Budi Sujanto,S.H.,M.H. Saya berprofesi sebagai seorang karyawan di Stasiun TV Emtek Group ( SCTV-Indosiar ) untuk area Head Surabaya. 

Dimana Anda menjalani profesi kerja saat ini? Saya menjalani profesi kerja saat ini di SCTV-Indosiar Surabaya.

Bisa diceritakan sedikit keseruan saat bersekolah di SMP Santo Yusup dulu? Adakah pengalaman yang menarik? Mmmm...bersekolah di SMP Santo Yusup sangat menyenangkan. Lingkungannya bersih, tertib dan disiplin. Udara bersih dan sejuk karena terletak di kaki gunung Welirang. Lalu untuk pengalaman menarik di sekolah dulu, selain kita menerima pelajaran umum seperti, sekolah ini ada juga mata pelajaran ekstra sesuai hobi saya saat itu yaitu, pelajaran Elektronika. Jadi, waktu itu pelajar seusia SMP seperti saya sudah bisa merakit peralatan elektronika jenis radio dan alarm. Wah...pokoknya seru.

Mengapa dulu memilih bersekolah di SMP Santo Yusup? Saya memilih SMP Santo Yusup karena sekolah ini satu-satunya sekolah yang maju saat itu dan para gurunya berkualitas. Selain faktor lain karena ibu saya juga bersekolah di sekolah ini. 

Adakah prestasi yang pernah didapat saat di SMP Santo Yusup dulu? Prestasi yang menonjol yang saya dapat dari sekolah ini tidak ada. Namun, saya pernah masuk ranking 10 besar di kelas dalam penilaian kelas tahunan. Saya dulu juga suka melukis dan sering mewakili sekolah di ajang lomba melukis. Tak hanya itu, saya juga aktif di ekskur paduan suara. Meski belum pernah menang ya.... Hehehe....

Apa yang selalu menjadi kenangan saat bersekolah di SMP Santo Yusup? Begini....yang selalu terkesan dengan SMP Santo Yusup adalah seringnya saya diikutsertakan mengikuti lomba paduan suara. Baik di tingkat Kabupaten maupun di tingkat Propinsi. Nah, waktu itu pernah menginap di Kampus Santa Maria pula. Selain itu, ada pelajaran ekskur renang yang mewajibkan semua siswa ikut serta. Kenangan lain, para gurunya juga sangat disiplin.  Bila tidak menyimak saat pelajaran sedikit saja, bisa mendapat sanksi oleh guru, lho. Pendeknya, para guru sangat mengajarkan disiplin tingkat tinggi pada para siswanya. Tak hanya itu, didikan Suster Maria Consolata kala itu, telah tertanam pada diri saya dan tidak berhenti di SMP Santo Yusup Pacet. Beliau juga terus mendampingi saya sebagai orangtua asuh mulai masuk SLTA sampai lulus. Selepas sekolah beliau mengajak saya untuk mengajar ekskur keterampilan elektronika dan tenaga teknik kurang lebih 1 tahun.

Kalau boleh tahu...siapa guru paling favorit Anda? Bisa diberi alasan? Iya...guru favorit saya adalah Bapak alm.Iman Sudjono ( Guru Bahasa Inggris & Bahasa Daerah ). Alasannya karena beliau humoris dan kalau mengajar mudah dimengerti sehingga nilai pelajaran saya selalu baik. Hahaha...

Bagaimana SMP Santo Yusup membentuk karakter dan kepribadian diri Anda? Kita semua dididik untuk selalu disiplin dan belajar bertanggung jawab. Menghargai sesama. Mencintai sesama. Menghormati guru dan orangtua kita dan selalu memaafkan orang lain yang kita anggap bersalah kepada kita. Kita juga dididik untuk selalu bekerja keras dan mampu bekerja mandiri. 

Bagaimana pandangan masyarakat tentang SMP Santo Yusup saat ini? Apa yang harus ditingkatkan lagi? Pandangan masyarakat terhadap sekolah ini cukup positif karena sekolah ini dinilai grade-nya sama dengan Kampus Santa Maria Surabaya maupun Santa Maria II Sidoarjo. Namun, untuk membayar SPP- nya cukup murah. Padahal dengan fasilitas yang dimiliki sekelas dengan sekolah maju di kota-kota itu. Sekolah ini terkenal sekolah kebinekaan karena mayoritas siswa dan siswinya beragama muslim. Usul saja, bagi saya yang perlu ditingkatkan lagi adalah berkaitan dengan promosi sekolah. Promosi dibuat lebih menarik agar jumlah siswa lebih banyak lagi dam tidak kalah dengan sekolah kompetitor di sekitar Pacet.

Adakah pesan yang ingin disampaikan untuk adik-adik kelas di SMP Santo Yusup?   Pesan untuk adik-adik kelas agar sungguh-sungguh giat belajar. Terus serap ilmu semaksimal mungkin untuk bekal pendidikan selanjutnya bahkan bekal kita saat sudah memasuki dunia kerja nanti Sukses selalu ya ....(dya)