News &
Updates

News Image

Share

Menggali Potensi Lokal dalam Edukasi
15 November 2023

Pacet, Kampus Ursulin – Selasa (14/11/2023), peserta didik SMP Santo Yusup Pacet khususnya kelas IX-B menggelar sebuah presentasi yang menandai kemunculan hasil kreativitas mereka dalam bentuk diorama atau maket. Proses ini berlangsung selama 3 minggu, menghasilkan sebuah produk yang menunjukkan potensi wisata yang akan dikembangkan di kawasan alam Pacet. 

Area sekitar sekolah sangat didominasi oleh kawasan wisata, di mana sebagai warga lokal, peserta didik dipacu untuk mempertimbangkan keberlangsungan perkembangan wisata di kawasan Pacet. Sebagai respon terhadap lingkungan sekitar yang berpotensi untuk pengembangan wisata, aksi kreatif ini diinisiasi untuk melibatkan peserta didik dalam mengeksplorasi dan mengapresiasi potensi wisata alam yang dimiliki oleh Pacet.

Foto : Presentasi diorama tema “Bernah Dee Zoo  Forest” oleh kelompok

Diorama atau maket, sebuah miniatur tiga dimensi yang mendemonstrasikan objek nyata, digunakan sebagai pameran serta alat edukasi. Produk ini menghadirkan elemen miniatur bangunan, tumbuhan, dan hewan yang disusun dalam lanskap atau setting yang dirancang dengan detail dan keaslian.

Daya tarik wisata di Pacet didukung oleh keberlimpahan Sumber Daya Alam, fasilitas yang menonjol, dan teknologi digital yang memadai untuk menarik minat para wisatawan untuk mengunjungi tempat ini.

Patrisia Dian Pratignya, S.Pd., guru mata pelajaran IPS, memberikan apresiasi yang tinggi terhadap hasil karya dari kelas 9B. "Hasilnya sangat bagus dan luar biasa, baik saat proses maupun saat eksekusi," ujarnya.

Foto : Bekerjasama dalam kelompok

Aksi ini tidak hanya mendidik, tetapi juga mendukung peserta didik dalam mengembangkan kreativitas, memperkuat kerjasama, dan meningkatkan ketelatenan. Patrisia sebagai pendamping, terlibat secara aktif dalam setiap proses untuk memberikan masukan yang berarti.

Pentingnya penyelarasan pembelajaran dengan semangat merdeka belajar terlihat jelas, sehingga peserta didik tidak merasa jenuh dengan gaya pembelajaran yang terus berkembang.

Penampilan diorama ini memberikan harapan baru bagi potensi pariwisata Pacet, menarik perhatian para wisatawan dan investor untuk berinvestasi dalam pengembangan potensi wisata alam yang dimiliki oleh kawasan ini.

Oleh : Putri Aulia Mirda (IX-B)

Editor (aer)