News &
Updates

News Image

Share

Mengekspresikan Cinta untuk Tanah Air
8 Agustus 2023

Suasana semarak menyelimuti kelas-kelas di SMP Santo Yusup Pacet ketika para peserta didik bersiap menyambut peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 tahun di 17 Agustus 2023 nanti. Dengan semangat patriotisme yang berkobar, para peserta didik mengekspresikan cintanya terhadap tanah air dengan menghias kelas menggunakan hasil karya kreatif masing-masing. Di tengah semarak bendera merah-putih yang berkibar di seluruh area sekolah, kelas-kelas dihiasi dengan ornamen-ornamen unik dan indah. Peserta didik dengan antusias menggambarkan simbol-simbol nasional dan ikon-ikon kemerdekaan dalam karya seni yang penuh makna.

Salah satu peserta didik kelas VII, Ibrahim Carlene Rezkya mengungkapkan, "Kami merasa bangga bisa berpartisipasi dalam menghias kelas untuk memperingati kemerdekaan Indonesia. Melalui seni, kami ingin menyampaikan rasa cinta kami pada tanah air dan menghormati para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan."

Bukan hanya menyajikan karya seni yang memukau, para peserta didik juga berkolaborasi dengan para walikelas untuk mengenang momen-momen bersejarah dalam perjuangan kemerdekaan, menginspirasi dan mengenang jasa para pahlawan.

Foto : peserta didik sibuk membuat hasil karya untuk menghias kelas

Wakasek Kesiswaan SMP Santo Yusup Pacet, Bayu Prasetyo, S.Pd. menyampaikan kebanggaannya atas semangat dan dedikasi peserta didik dalam menyambut peringatan kemerdekaan RI. "Inisiatif peserta didik untuk menghias kelas dengan karya kreatifnya menunjukkan rasa cinta dan tanggung jawab mereka terhadap tanah air. Melalui aktivitas ini, kami ingin menanamkan nilai-nilai patriotisme dan mengajarkan arti sebenarnya dari kemerdekaan kepada mereka," ujarnya dengan bangga.

Menyambut peringatan Hari Kemerdekaan ke-78 tahun di SMP Santo Yusup Pacet menjadi bukti nyata bahwa semangat patriotisme masih terus berkobar di kalangan generasi muda. Melalui karya seni dan upaya kolaboratif, para peserta didik menunjukkan bahwa rasa cinta pada negara dan semangat untuk menjaga dan memajukan bangsa Indonesia akan selalu mengalir dalam setiap benih harapan dan cita-cita mereka.

Penulis : Arinda Erlina, S.Pd.