News &
Updates

News Image

Share

Makna Adven
18 Desember 2023

Peserta didik Kristen dan Katolik SMP Santo Yusup Pacet mempersiapkan kedatangan Sang Juru Selamat atau yang dipanggil sebagai Yesus Kristus yang bertepatan di hari Natal tanggal 25 Desember 2023. Peserta didik melewati masa penantian kedatangan Sang Juru Selamat atau bisa disebut dengan masa Adven. 

Apa itu masa Adven?

Masa Adven merupakan masa persiapan umat Katolik untuk menyambut kelahiran Yesus Kristus. Masa ini dimulai pada hari Minggu pertama sebelum Natal dan berlangsung selama empat minggu.

Peserta didik katolik SMP Santo Yusup Pacet, melakukan kegiatan untuk menyambut kedatangan Yesus Kristus, dengan beribadah di gereja, melakukan sebuah pertobatan, dan juga berdoa. Pada masa Adven ini, peserta didik diminta untuk berdoa di lingkungan gereja masing-masing, untuk mendengarkan Sabda Tuhan dan renungannya, hal ini dilakukan sebagai bentuk iman berjaga-jaga akan kedatangannya Tuhan Yesus. Selain itu peserta didik juga melakukan kegiatan doa Rosario setiap harinya.

Lingkaran Adven

Karangan Adven selalu disebut dengan "lingkaran Adven", maknanya lingkaran Adven tidak memiliki ujung, terus berputar putar, dan tidak pernah berhenti. Lingkaran ini melambangkan Tuhan yang abadi. Lingkaran Adven terbuat dari dedaunan berwarna hijau, seperti daun cemara. Dedaunan yang berwarna hijau ini melambangkan Harapan akan kehidupan yang lebih baru. Lingkaran Adven juga terdapat 4 buah lilin yang terdiri dari 3 lilin berwarna ungu, dan 1 lilin berwarna merah muda. Lilin Adven bermakna sebagai Kristus, Sang Cahaya Sejati, yang selalu menerangi segala sesuatu.

Lilin ini dinyalakan satu per satu setiap minggu hingga minggu keempat, yang menandakan bahwa Yesus Kristus telah lahir. Hal ini melambangkan cahaya sejati yang semakin hari semakin terang. 2 Lilin berwarna ungu, yang dinyalakan pada minggu pertama dan kedua melambangkan kesetiaan dan cinta yang mempersiapkan jalan bagi kedatangan Kristus. Sedangkan 1 lilin berwarna merah muda yang dinyalakan pada minggu ke 3 melambangkan umat yang bersuka cita untuk menyambut Yesus Kristus atau disebut dengan minggu Gaudete. Dan lilin berwarna ungu yang dinyalakan pada minggu ke 4 melambangkan perdamaian, karena mengingatkan umat tentang kemuliaan Kristus.

Makna Adven bagi umat Katolik adalah kesempatan untuk mempersiapkan diri menyambut Yesus Kristus secara historis maupun kedatangan Tuhan Yesus Kristus di akhir hidup. Segala simbol dan tradisi Gereja dilaksanakan dengan penuh iman sebagai pengingat akan perlunya hidup baru yang lebih baik serta Kasih Allah yang begitu besar.

Oleh : Gabriella Reyta Livianto (VIIIB/13)

editor : (yri)