News &
Updates

News Image

Share

Kupas Tuntas Jurnalistik bersama Sang Jurnalis
3 Juni 2023

Media Sosial adalah sebuah media yang dapat menjaring masyarakat luas dengan berbagai informasi yang menarik di dalamnya. Dalam rangka menambah semangat serta menjadi gerakan bagi seorang pendidik dalam memperkenalkan sekolah ke masyarakat melalui media online terutama website diadakan workshop “Menulis Berita di Media Online”, Sabtu (3/6/2023) di Aula SMP Santa Maria II Sidoarjo. Kegiatan ini diikuti oleh Bapak dan Ibu Pendidik dan Tenaga Kependidikan dari SMP Santa Maria II Sidoarjo dan SMP Santo Yusuf Pacet. Pembicara pada workshop kali ini ada F.X Rudy Prasetya S.S., M.Med. Kom. 

Berita adalah sebuah informasi yang dilaporkan. “Ketika Anda sudah sampai rumah, kemudian Anda melaporkan kegiatan yang Anda lakukan sepanjang hari ini, itu sudah termasuk berita.” ujar Pras selaku panggilan dari pembicara hari ini. 

Pras menjelaskan bahwa ada dua jenis berita yaitu Hard News dan Soft News. Hard News adalah berita langsung dan aktual, lugas, tidak bertele-tele dan memiliki unsur 5W+IH. Sedangkan Soft News adalah berita yang tidak langsung, dikemas ringan, struktur bebas serta menarik. Selain itu berita memiliki nilai, diantaranya Consequences, Human interest, Prominence, Proximity, Timeliness dan Unusual. Selain memahami tentang sebuah berita, Pras juga mengajak kami untuk memahami karakteristik media online yaitu BASIC (Brevety, Adaptabillity, Scannabillity, Interactivity, Conversation

C:\Users\SMP Santa Maria II\Downloads\WhatsApp Image 2023-06-03 at 11.41.43 (1).jpeg

Dari materi hari ini gebrakan yang dilakukan Pras yaitu mengajak peserta menulis Hard News dari kegiatan yang sudah dilakukan. “Rasanya campur aduk”, kata Sisca ketika ditanya tentang pengalamannya menulis berita hari ini. Sedangkan Riki mengatakan “Aku gak terbiasa menulis berita-berita yang faktual aku lebih suka opini”. Dan pemenang menulis berita hari ini, beritanya akan dimuat pada website dan tentunya sungguh menggugah semangat kami sebagai seorang pendidik. 

Penulis: (Yolandia Dwi Wulansari, Guru SMP Santa Maria II Sidoarjo)