News &
Updates

News Image

Share

Kelas VIII dan IX Refleksi Komitmen Belajar Lewat 8 Dimensi Profil Lulusan
15 Juli 2025

Pacet, Kampus Ursulin – Suasana hangat dan reflektif mewarnai hari kedua Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMP Santo Yusup Pacet, Selasa, 15 Juli 2025. Kali ini, peserta didik kelas VIII dan IX mengikuti sesi khusus yang tak kalah penting, yakni tentang Komitmen Pembelajaran dan Delapan Dimensi Profil Lulusan (8DPL).

Berlokasi di taman sekolah yang rindang dan sejuk, kegiatan ini dipandu oleh Yohanes Bayu Prasetyo, S.Pd., yang menyampaikan materi dengan cara yang komunikatif dan menginspirasi. Ia menekankan bahwa kedelapan dimensi ini bukan hanya sekadar teori, melainkan fondasi yang membentuk karakter dan arah perkembangan peserta didik selama menempuh pendidikan di SMP Santo Yusup Pacet.

Inilah 8 Dimensi Profil Lulusan yang Dikupas:

  1. Keimanan dan Ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa
    Menjadikan nilai-nilai spiritual sebagai panduan hidup sehari-hari.
  2. Kewargaan
    Menumbuhkan semangat kebangsaan, kepedulian sosial, serta sikap demokratis dan inklusif.
  3. Penalaran Kritis
    Melatih peserta didik untuk berpikir logis, analitis, serta mampu memecahkan masalah dengan bijak.
  4. Kreativitas
    Mendorong ide-ide segar dan inovasi dalam menghadapi tantangan masa kini.
  5. Kolaborasi
    Membentuk kemampuan bekerja sama dan saling menghargai dalam keberagaman.
  6. Komunikasi
    Meningkatkan kemampuan menyampaikan ide dengan jelas, sekaligus menjadi pendengar yang baik.
  7. Kemandirian
    Membentuk pribadi yang tangguh, bertanggung jawab, dan percaya diri.
  8. Kesehatan
    Mengajarkan pentingnya menjaga keseimbangan jasmani dan rohani demi keberlangsungan hidup yang sehat dan produktif.

Kegiatan ini bukan hanya menyampaikan materi, tapi juga mengajak peserta didik untuk merenung dan merefleksikan peran mereka sebagai pelajar. Mereka diajak untuk membangun komitmen pembelajaran yang bukan hanya terfokus pada prestasi akademik, melainkan juga pada pengembangan karakter secara menyeluruh.

Sesi ditutup menjelang istirahat kedua. Banyak peserta didik yang tampak serius mencatat, berdiskusi, bahkan menyampaikan pendapat secara aktif selama kegiatan berlangsung. Momentum ini menjadi bekal awal yang kuat dalam menyambut tahun ajaran baru dengan penuh kesadaran dan semangat pembaruan diri.

"Saya jadi lebih paham tujuan saya belajar, bukan cuma soal nilai, tapi juga tentang siapa saya ingin menjadi,” ujar salah satu peserta didik seusai sesi berlangsung.

Dengan pendekatan reflektif dan partisipatif, MPLS hari kedua ini menjadi langkah awal untuk mencetak lulusan yang unggul, berkarakter, dan siap bersaing di masa depan

Oleh : Jihan Nadia Aprilia - IXC