News &
Updates

News Image

Share

IMT Deteksi Resiko Kurang Sehat
7 Juni 2023

Mojokerto- Siswa-siswi kelas 7 tahun ajaran 2022/2023 mengikuti ( Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) P5 dengan tema “Bangunlah Jiwa dan Raganya”. Hari pertama dibuka oleh Dr. Ignatius Agus Budiono, S.Pd.,M.Pd., sebagai Kepala Satuan Pendidikan sekolah ini beliau menekankan pentingnya sehat secara jiwa dan raga. Berikutnya acara dilanjutkan dengan mencari data (indeks massa tubuh)  IMT oleh seluruh siswa guna menggali permasalahan terkait kesehatan dan resiko kurang sehat.

Foto kegiatan di Aula dan foto hasil kegiatan siswa

Kegiatan ini dipandu oleh guru mata pelajaran matematika Winarti Miastuti, S.Si. dibantu oleh Yohanes Bayu Prasetyo, S.Pd. Kegiatan dimulai dengan pengukuran massa, tinggi badan, menghitung IMT, dan dilanjutkan dengan mengolah dan menganalisa data.  Acara diselenggarakan di aula SMP Santo Yusup Pacet pada hari Selasa (6/6/2023) disambut antusias oleh para siswa. Berdasarkan data IMT dapat ditarik kesimpulan bahwa banyak siswa yang memiliki resiko kurang sehat (berat badan tidak normal). Hal ini diakibatkan dari pola hidup yang kurang sehat dari para siswa.

“Jadi anak yang dengan resiko kesehatan adalah anak yang berat badannya kurang dan yang (obesitas) kelebihan berat badan” ujar salah satu siswa kelas 7C Titus Alexandro Jatmiko Putra. Solusi yang ditawarkannya adalah menjaga asupan makanan sehat dan berolahraga.

 

Penulis M. Yeriya Ayikna Wawang, S.Pd.