News &
Updates

News Image

Share

Gemuruh Jambore Ranting Meriahkan Peringatan Hari Pramuka
14 Agustus 2023

Pacet, 14 Agustus 2023 - Lapangan Sajen menjadi saksi bisu dari perhelatan besar dalam semangat pramuka, ketika ratusan anggota Pramuka dari SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA se-Kecamatan Pacet berkumpul untuk memperingati Hari Pramuka melalui Jambore Ranting yang berlangsung 3 hari dari tanggal 12 - 14 Agustus 2023.

Suasana lapangan yang biasanya sunyi dan tenang berubah menjadi pusat keramaian dan semangat. Berbagai tenda berkemah berjejer rapi di sepanjang lapangan, melambangkan semangat persaudaraan yang melekat kuat dalam pramuka. Penggalang, penegak, dan pandega dari berbagai tingkatan sekolah pun saling berinteraksi, bertukar pengalaman, dan berbagi semangat dalam kegiatan ini.

Panggung utama terhias dengan warna-warni bendera Pramuka dan dekorasi khas. Persembahan dari SMP Santo Yusup pada Gelar Seni di  hari kedua sungguh memukau mencerminkan semangat jiwa nasionalisme seolah menggambarkan bangga menjadi bagian dari Indonesia yang berlandaskan semangat gotong royong.

Acara ini dimeriahkan oleh berbagai kegiatan menarik, termasuk lomba kepramukaan, perlombaan keterampilan, dan sesi diskusi tentang pentingnya nilai-nilai pramuka dalam membentuk karakter generasi muda. Lomba antar-tim dari berbagai sekolah menciptakan suasana persaingan yang sehat, sementara pada sisi lain, kerjasama dan semangat sportivitas tetap mengakar kuat.

Foto : Persembahan Gelar Seni

Acara Jambore Ranting Pacet 2023 juga menjadi panggung untuk memperingati prestasi dan dedikasi para anggota pramuka yang telah berkontribusi dalam berbagai kegiatan. Namun, lebih dari itu, kegiatan ini juga mengajarkan tentang pentingnya proses, kerjasama, dan semangat pantang menyerah.

"Kami merasa bangga bisa menjadi bagian dari Jambore Ranting Pacet kali ini. Semangat pramuka yang kami rasakan di sini adalah bukti bahwa pramuka bukan hanya kegiatan, tetapi juga pelajaran berharga untuk kehidupan," ujar Aurelya Dwi Tharissa, seorang peserta dari SMP Santo Yusup Pacet.

Jambore Ranting Pacet 2023 tidak hanya meninggalkan kenangan indah, tetapi juga warisan semangat pramuka yang akan terus berkobar. Melalui kegiatan ini, nilai-nilai kebersamaan, kepemimpinan, dan keberanian terus ditanamkan dalam jiwa generasi muda. Pramuka menjadi jembatan untuk mempersatukan beragam latar belakang dan membentuk pribadi yang tangguh dan berintegritas.

Foto : Para Pembina Pramuka SMP Santo Yusup Pacet

Dengan langkah optimis, peserta Jambore Ranting Pacet 2023 meninggalkan lapangan dengan perasaan haru, berjanji untuk menjaga api semangat pramuka tetap terjaga dan menyala dalam setiap langkah mereka. Dari Lapangan Sajen, semangat pramuka meneruskan perjalanannya untuk membentuk masa depan yang lebih baik dan berwarna.

Penulis : Arinda Erlina, S.Pd.