News &
Updates

News Image

Share

Bergerak untuk Berbuah Berlimpah bersama Bunda Angela
17 Januari 2024

Surabaya, Kampus Ursulin - Yayasan Paratha Bhakti kembali berkiprah dalam dunia pendidikan dengan menyelenggarakan Uji Kompetensi Guru (UKG) yang inovatif dan inspiratif. Bertempat di Aula lt.4 SMA Santa Maria Surabaya, kegiatan ini diikuti oleh tenaga pendidik masing-masing unit Santa Matia Surabaya, Santa Maria Sidoarjo dan Santo Yusup Pacet yang berumur 0-17 tahun masa mengajar. Dengan tema "Bergerak untuk Berbuah Berlimpah Bersama Bunda Angela," kegiatan ini dijadwalkan berlangsung pada tanggal 11 - 13 Januari 2024, dengan sesi khusus untuk tingkatan semua tenaga pendidik SMP pada tanggal 12 Januari 2024.

Nasehat Santa Angela Warisan terakhir artikel 2 :

“Jika karena perubahan jaman dan keadaan perlu untuk membuat peraturan baru atau untuk merubah sesuatu, lakukanlah hal itu dengan kebijaksanaan setelah mendengar nasehat yang baik”

Sr. Noorwindhi Kartika Dewi, OSU, selaku Ketua Yayasan Paratha Bhakti, memberikan arahan penting dalam pembukaan kegiatan ini. Beliau menyoroti pentingnya kesegaran ide dan kreativitas dalam memberikan pembelajaran kepada peserta didik. "Sebagai guru, kita harus mampu memberikan sesuatu yang selalu fresh, seperti buah yang baru dipetik. Hal ini akan membangkitkan antusiasme peserta didik dan menghasilkan buah yang melimpah dalam pembelajaran mereka seturut nasehat Santa Angela," ungkap Sr. Windhi.

Berbeda dengan Uji Kompetensi Guru biasa, kegiatan ini mengusung pendekatan evaluasi melalui angket (kuesioner) dan FGD (Focus Group Discussion) yang di dampingi langsung oleh Widaryanto ahli dalam pengembangan SDM guru. Para guru diharapkan dapat berpartisipasi aktif dalam diskusi kelompok untuk berbagi pengalaman dan ide-ide inovatif terkait pembelajaran di kelas.

"Kami tidak hanya ingin mengukur kemampuan, tetapi juga ingin memberikan dorongan dan dukungan untuk pertumbuhan profesional para guru. Oleh karena itu, ada kegiatan lanjutan setelah UKG untuk memastikan para pendidik lebih siap dan berkembang," tambah Widaryanto.

Yayasan Paratha Bhakti berharap bahwa kegiatan ini bukan hanya sekadar evaluasi rutin, tetapi juga menjadi wahana penyegaran dan pengembangan diri bagi para guru. Dengan semangat "Bergerak untuk Berbuah Berlimpah Bersama Bunda Angela," para pendidik diharapkan menjadi garda terdepan dalam membentuk generasi yang unggul dan berpotensi seturut dengan pesan Santa Angela. (aer)