Antusias Ikuti Pembekalan Wawasan Wiyata Mandala dan Tata Tertib Sekolah
Pacet – SMP Santo Yusup Pacet membuka hari pertama Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dengan semangat kebersamaan dan pembentukan karakter peserta didik baru. Kegiatan yang berlangsung pada Senin, 15 Juli 2025 ini diisi dengan materi penting seputar Wawasan Wiyata Mandala serta Tata Tertib dan Pembiasaan siswa.
Materi pertama disampaikan oleh dua narasumber utama, yakni Winarti Miastuti, S.Si. dan Dwi Susmiwihartanti, S.Pd. Keduanya membekali siswa dengan pemahaman mendalam mengenai makna Wawasan Wiyata Mandala sebagai filosofi pendidikan yang menjunjung tinggi nilai-nilai kekeluargaan, kedisiplinan, dan partisipasi aktif seluruh warga sekolah dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan bermakna.
Usai sesi tersebut, giliran Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Patrisia Dian Pratignya, S.Pd., yang memberikan pemaparan seputar tata tertib sekolah, program pembiasaan positif, serta berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang dapat diikuti oleh siswa. Dalam penyampaiannya, beliau menekankan pentingnya keterlibatan aktif peserta didik dalam kegiatan non-akademik sebagai sarana pengembangan minat, bakat, dan karakter.
Antusiasme para siswa baru terlihat jelas sepanjang kegiatan. Mereka tidak hanya mengikuti pemaparan dengan saksama, tetapi juga aktif bertanya dan terlibat dalam diskusi. Hal ini menunjukkan semangat dan kesiapan mereka untuk menjadi bagian dari komunitas sekolah yang dinamis dan progresif.
“Kegiatan hari ini benar-benar membuka wawasan saya tentang arti menjadi bagian dari SMP Santo Yusup. Saya jadi tahu aturan yang harus saya taati dan kegiatan seru apa saja yang bisa saya ikuti,” ungkap salah satu siswa baru dengan semangat.
Hari pertama MPLS ini menjadi awal yang positif dalam membangun komitmen bersama untuk menciptakan lingkungan sekolah yang harmonis, disiplin, dan inspiratif. Dengan pembekalan yang tepat, diharapkan peserta didik baru dapat tumbuh menjadi pribadi yang unggul, mandiri, dan bertanggung jawab. (aer)