News &
Updates

News Image

Share

Adaptasi Melekat di Hati
28 Juli 2023
Foto : Seluruh peserta didik terlibat dalam pembukaan MPLS

Sebanyak 77 peserta didik baru mengikuti kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) pada tanggal 21 – 24 Juli 2023. Kegiatan yang berlangsung selama empat hari ini berhasil menciptakan momen-momen berkesan bagi para peserta didik baru, memberikan mereka pengalaman tak terlupakan dalam memulai perjalanan pendidikan di SMP Santo Yusup Pacet.

Dengan semangat kebersamaan dan antusiasme yang membara, MPLS SMP Santo Yusup Pacet dibuka oleh Kepala Satuan Pendidikan Dr. Ign. Agus Budiono, S.Pd., M.Pd. pada hari Senin pagi.Acara ini bertujuan untuk membantu para peserta didik baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan menciptakan ikatan persaudaraan di antara mereka.

Salah satu momen berkesan dalam MPLS ini adalah kegiatan pembukaan yang dikemas apik oleh Wahyu Edi Santosa, S.Pd. guru SBK dengan mengusung tema "Penobatan Raden Wijaya dan Sumpah Amukti Palapa" . Dengan penampilan yang sakral serta kental akan budaya para peserta didik baru merasakan semangat persatuan yang tak tergantikan. "Saya merasa sangat bangga bisa menjadi bagian dari keluarga besar SMP Santo Yusup Pacet," ujar Citra, salah seorang peserta didik baru dengan mata berbinar.

Foto : Dr. Ign. Agus Budiono, S.Pd., M.Pd. menerbangkan balon bersama perwakilan kelas 7 sebagai tanda kegiatan MPLS dimulai

Tidak hanya mengandalkan kegiatan seremonial semata, MPLS ini juga menawarkan beragam kegiatan edukatif dan menarik. Workshop mengenai Wawasan Wiyata Mandala, Nilai-nilai SERVIAM,  pendekatan belajar yang efektif, pentingnya toleransi dalam beragam agama, pentingnya menjaga lingkungan yang bekerja sama dengan WE-HASTA (Wahana Edukasi Harapan Alam Semesta), gerakan STOP NARKOBA bersama POLSEK Pacet menjadi bagian dari agenda yang menarik minat peserta didik baru untuk berpartisipasi aktif.

Pada hari terakhir MPLS, kegiatan "Peduli Lingkungan Sekitar" digelar dengan penuh semangat. Acara ini memberikan kesempatan bagi para peserta didik baru untuk menikmati pemandangan lingkungan sekitar sekolah tak lupa juga mengajak untuk peduli dengan kebersihan lingkungan di sekitar sekolah."Saya sangat menikmati pemandangan yang indah di sekitar lingkungan sekolah dan tadi saya hanya sedikit mendapatkan sampah dijalan karena wilayah sini kebersihannya masih bagus. Semoga kami juga dapat memberikan kontribusi dalam menjaga kebersihan lingungan sekolah ini," ucap Bima dengan suara lantangnya.

Foto : Keseruan kegiatan MPLS

Wakasek Kesiswaan menyatakan kebanggaannya atas antusiasme dan semangat yang ditunjukkan oleh peserta didik baru selama MPLS ini. "Kami berharap, MPLS ini telah memberikan pondasi kuat bagi kebersamaan dan kepedulian, sehingga para peserta didik baru dapat tumbuh dan berkembang dengan baik di lingkungan sekolah kami," ujar Bayu Prasetyo.

Dengan berakhirnya MPLS yang penuh makna ini, diharapkan para peserta didik baru meninggalkan jejak di hati mereka. Mereka siap untuk memulai perjalanan menempuh pendidikan di SMP Santo Yusup Pacet dengan sukacita dalam belajar dan harmonis dalam keberagaman serta kenangan tak terlupakan yang akan selalu melekat dalam ingatan mereka.

Penulis : Arinda Erlina, S.Pd.